PENDAHULUAN
Seiring dengan perkembangan jaman, teknologi komputer berkembang dengan pesat. Komputer digunakan untuk mengolak informasi dan komunikasi. sehingga muncullah penggunaan istilah teknologi informasi dan komunikasi.
Beberapa tahun belakangan ini internet berkembang dengan pesat. Kemunculan internet telah mengubah banyak hal. internet menjadi bagian penting dalam berbagai macam aplikasi yang digunakan untuk bisnis, termasuk aplikasi sistem informasi. Hal itu mendorong munculnya e - business, yang digunakan perusahaan/ organisasi untuk membantu bisnisnya.
ISI
E- Business merupakan praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis seperti perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer dan data yang telah terkomputerisasi. scara sederhana dapat dikatakan bahwa e-business merupakan penggunaan internet untuk berhubungan dengan konsumen, rekan bisnis, dan supplier, penggunaan internet ini menyebabkan bisnis menjadi lebih efisien
Pelaku E-Business
Organisasi, konsumen, perusahaan, supllier, pekerja, rekan bisnis
Alat/Media/Sumber Daya yang Digunakan
‐ Teknologi informasi dan komunikasi
‐ Komputer, data yang telah terkomputerisasi
‐ internet
Manfaat e-business
Secara ringkasmanfaat yang dapat dipetik baik oleh organisasi, konsumen, dan masyarakat
pada umumnya, diantaranya:
1. Bagi Perusahaan atau Pebisnis Perorangan
a. Memperpendek Jarak
Perusahaan atau pebisnis perorangan dapat lebuhmendekatkan diri dengan konsumen dimana jarak secara fisik dapat diatasi dengan hanya mengklik situs yang dibangun
b. Perluasan Pasar
Jangkauan pasar dapat menjadi luas dibandingkan dengan sistem bisnis tradisional yang “terbatas” oleh lokasi
c. Perluasan Jaringan Mitra Kerja
Selain perluasan pasar, perusahaan dapat juga melakukan perluasan jaringan mitra kerja.
d. Biaya Terkendali
Perusahaan tidak perlu hadir secara fisik di berbagai kota dan penjuru dunia, namun dapat melakukan transaksi dengan konsumen dari berbagai lokasi. Melalui jaringan kerja antar perusahaan pendukung yang baik apalagi dengan fasilitas internet, maka konsep Just In Time dapat diterapkan
e. Efisien
Melalui pola paperless, dimana distribusi data dan informasi dilakukan secara elektronik, maka akan ada penghematan dari segi waktu karena ada integrasi dengan database yang ada di komputer pusat. Waktu pengiriman, biaya kertas, dan perangko pun dapat dihemat
f. Cash Flow Terjamin
Dengan sistem e-business, cash flow perusahaan akan terjamin karena perusahaan akan menerima pembayaran terlebih dahulu sebelum mengirim barang yang dipesan konsumen. Dengan pola seperti ini, modal yang dibutuhkan relatif lebih kecil
g. Manfaat Lainnya
Diantaranya meningkatkan citra perusahaan, meningkatkan layanan konsumen, menyederhanakan proses,meningkatkan produktivitas,mempermudah akses informasi, mengurangi biaya transportasi, dan meningkatkan fleksibilitas.
2. Bagi Konsumen
a. Efektif
Konsumen dapat memperoleh informasi dan bertransaksi setiap saat dengan akurat, cepat, dan murah
b. Biaya Terkendali
Biaya transportmenuju lokasi untukmemilih barang, perbandingan harga dengan penjual lain dan transaksi dapat ditekan serendah mungkin, karena semua proses dapat dilakukan dari balik meja dan hanya menekan klik mouse
c. Aman Secara Fisik
Para konsumen akan merasa aman dalam melakukan transaksi dengan jumlah uang yang sangat besar, dibandingkan pada pasar tradisional. Risiko kecopetan atau perampasan sangat kecil, meskipun ada risiko pencurian nomor kartu kredit dan pembobol sistem (hacker)
d. Harga Murah
Karena perusahaan dapat menekan biaya pemasaran dan meraih manfaat dari penerapan Just In Time, konsumen kemungkinan mendapatkan harga produk lebih murah
e. Fleksibel
Konsumen dapat melakukan transaksi dari berbagai tempat dengan berbagai kondisi, seperti dari rumah, kantor, perpustakaan, warnet, atau tempat lainnya
3. Bagi Masyarakat Pada Umumnya
a. Lahirnya erae-businessmembuka peluang kerja baru dengan pola kerja dan permodalan yang baru.
b. E-business akan menjadi wahana kompetisi antar perusahaan atau usaha perorangan yang mengglobal, sehingga masyarakat dapat menikmati produk-produk berkualitas standar dengan harga kompetitif
4. Bagi Dunia Akademis
a. Lahirnya era e-business memberi tantangan baru bagi dunia akademis untuk mempersiapkan SDM yang memahami dan menguasai bidang tersebut
b. Para peneliti ditantang untuk melakukan analisis terhadap pergeseran pola bisnis, konsumsi, dan transaksi dalam usaha menemukan kesepahaman baru dan
pengembangan teori dan konsep baru
c. Sistem e-business juga membuka kerangka baru dalam penjualan jasa pendidikan, disamping teknologi internet yangmemungkinkan dilakukannya aksesmateri pendidikan dari jarak jauh.
Aplikasi e-business di suatu perusahaan
Aplikasi e-business du suatu perusahaan berjalan dari konsumen ke perusahaan dan kemudian dari perusahaan ke pemasok. Konsumen datang ke perusahaan untuk memesan dan memebeli produk, maka perusahaan berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginanan konsumen dengan membuat desain produk yang sesuai dengan selera konsumen agar konsumen puas. Untuk membuat desain produk yang sesuai maka perusahaan perlu melakukan perencanaan alokasi sumber daya, dan terakhir memesan kepada pemasok agar rantai pasok dapa berjalan lancar. untuk mendukung proses tersebut, maka jenis aplikasi yang sering dijumpai:
1. CMR (Customer Relationship Management)
Konsep ini mengajarkan perusahan membangun dan menjalin ubungan yang efektif antara perusahaan dengan pelanggannya agar tercapai kepuasan dan loyalitas konsumen
2. PDM (Product Design Management)
Konsep ini memberikan arahan kepada perusahaan bagaimana membuat produk yang sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan oleh konsumen
3. ERP ( enterprise resource planning)
Konsep ini mengajarkan perusahaan untuk menjalankan rangkaian proses perencanaan sumber daya yang diperlukan untuk alokasikan dalam proses produksi
4. SCM (Supplu chain management)
Konsep ini memberikan informasi tentang penyusunanstrategi pasokan bahan mentah produksi dari pemesanan bahan mentah ke pemasok, sampai diterimanya bahan mentah.
Memasuki era globalisasi, para pengusaha perlumempertimbangkan pemanfaatan teknologi komputer dan telekomunikasi seperti internet untuk melakukan kegiatan bisnis dengan jangkauanpasar yang luas. Dengan teknologi itu, para pengusaha dapatmembangun unit-unit bisnis secara elektronik, artinya tidak membutuhkan tempat secara fisik.
KESIMPULAN
E-businessmerupakan salah satu cara perusahaan untuk meningkatkan daya saing melalui
berbagai manfaat yang diberikannya, diantaranya perolehan efisiensi biaya operasi, kecepatan
menjangkau pasar, maupun jangkauan geografis usaha yang lebih luas.
Banyak perusahaan di Indonesia sekarang dituntut untukmempersiapkan diri dengan berbagai
perangkat e-business sebagai bagian baru dari pola interaksinya dengan para pelanggannya,
pemasoknya, dan bahkan juga dengan karyawannya sendiri. Hal ini sejalan dengan semakin
beratnya tantangan persaingan yang semakin besar, terlebih di era perdagangan bebas seperti
sekarang.
Daftar Pustaka
Erwin Phillippus, 2005, Sistem Informasi Manajemen - Mengelola Perusahaan Digital, Edisi VIII, Penerbit Andi, Yogyakarta
Budi Sutedjo Dharma Oetomo, 20001, Perspektif e-Business: Tinjauan Teknis, Manajerial, dan Strategi, Penerbit Andi Yogyakarta, Yogyakarta, 2001
http://f0ur.blogdetik.com/2009/03/16/tugas-e-businnes-kelompok-4/
http://aprillins.com/2009/855/perbedaan-antara-e-commerce-dengan-e-business/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar