PENDAHULUAN
Era persaingan bebas saat ini, kecepatan pengolahan dan
penyampaian informasi memiliki peran yang sangat penting bagi setiap
perusahaan, terutama pada
perusahaan-perusahaan yang memiliki tingkat rutinitas yang tinggi dan memiliki
data yang harus diolah. Banyaknya data maupun informasi yang harus diolah tidak
memungkinkan dilakukan dengan menggunakan cara-cara manual. Pengolahan data
yang jumlahnya sangat banyak memerlukan suatu alat bantu yang memiliki tingkat kecepatan
perhitungan dan penyampaian data yang tinggi.
Alat bantu tersebut berupa perangkat keras (hardware) dan perangkat
lunak (software).
Penerapan sistem informasi berlandaskan komputer dalam dunia
bisnis sekarang telah menjadi suatu keharusan, hal ini sebagai salah satu
strategi keunggulan kompetitif. Sistem informasi berlandaskan komputer
merupakan salah satu pilihan yang tepat
untuk mewujudkan peningkatan produktivitas. Penggunaan komputer dan penguasaan ketrampilan
pengguna software yang terintegrasi maka dalam proses
pengolahan data menjadi suatu bentuk informasi, akan dapat dilakukan dengan
mudah, cepat, dan akurat. Suatu hasil pengembangan sistem informasi harus
mendukung aktivitas organisasi sampai jangka waktu tertentu, karena keberadaan
suatu sistem informasi akan disesuaikan dengan perkembangan organisasi atau
perusahaan. Perkembangan perusahaan, permasalahan-permasalahan baru akan muncul
dan informasi yang dibutuhkan semakin komplek.
Penggunaan suatu rancangan desain baru yang dapat menunjang
pelayanan kebutuhan informasi kepada pengguna sistem yang semakin meningkat
agar tetap menjaga perusahaan berada di depan pesaing dan tetap menyetarakan
diri dengan revolusi teknologi dan dampaknya pada produk atau jasa perusahaan.
Pimpinan harus tetap mengikuti dan memanajemen informasi tertentu dan
mengorganisasikannya untuk pengambilan keputusan.
Apotek merupakan salah satu tempat pelayanan kesehatan, yang
menyediakan obat bebas, obat resep yang diperlukan masyarakat dalam membantu
mewujudkan tercapainya kesehatan. Kemudahan, kecepatan dan kepuasan masyarakat
yang membutuhkan pelayanan kesehatan menjadi hal yang sangat penting dalam
usahanya memperoleh keuntungan. Oleh karena itu dibutuhkan rancangan sistem
yang dapat memberikan informasi yang cepat dan tepat
ISI
Definisi - Definisi
Sistem
Sistem merupakan serangkaian prosedur yang saling
berhubungan dalam melaksanakan suatu pkerjaan tertenu. Sistem terdiri dari
unsure yang dapat dikenal, saling melengkapi karena satu maksud, tujuan, dan
sasrang. Suatu sistem dapat terdiri dari beberapa sub sistem.
Suatu sistem mempunyai karakteristik atau sifat – sfat
tertentu, yaitu:
- Komponen sistem, suatu sistem terdiri dai sejumlah komponen yang saling berinteraksi, yang artinya saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Komponen – komponen sistem atau elemen – elemen sistem dapat berupa subsistem atau bagian – bagian dari sistem
- Batas sistem, merupakan daerah yang membatasi antara satu sistem dengan sistem lainnya atau dengan lingkungan luarnya. Batas ini memungkinkan suau sistem dipandangsebagai satu kesatuan
- Lingkungan luar sistem, lingkungan luar dari suatu sistem adalah apapun diluar bata dari sisem yang mempengaruhi operasi sistem. Lingkungan luar sistem dapat bersifat menguntungkan dan dapat bersifat merugikan sistem tersebut.
- Penghubung sistem, Penghubung sistem merupakan media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem lainnya. Dengan penghubung satu subsistem dapat berintegrasi dengan subsistem lainnya
- Masukan sistem, masukan adalah energy yang simasukan ke dalam sistem. Masukan dapat berupa masukan perawatan dan masukan sinyal. Masukan perawatan adalah energy yang dimasukan supaya sistem tersebut dapat beroperasi. Masukan sinyal adalah energi yang diproses untuk mendapatkan keluaran.
- Keluaran sistem, keluaran adalah hasil energy yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna dan sisa pembungan. Keluaran dapat merupakan masukan untuk subsistem yang lain
- Pengolahan sistem, suatu sistem dapat mempunyai suatu bagian pengolah yang akan merubah masukan menjadi keluaran
- Sasaran sistem, Sasaran dari sistem sangat menentukan sekali masukan yang dibutuhkan dari sistem dan keluaran yang akan dihasilkan dari sistem. Suatau sitem dikatakan berhasil bila mngenai sasaran yang telah ditetapkannya.
Informasi
Pada dasarnya informasi merupakan hal yang
sangat penting bagi berbagai pihak dalam perusahaan terutam bagi pihak
management perusahaan di dalam pengambilan suatu kepuusan yang dapat diperoleh
dari suatu sistem yaitu processing system atau information generating system
Definisi umum, informasi adalah sebagai
data yang telah diolah menjadi bentuk yang berguna bagi pihak yang menerimanya
dan bermanfaat di dalam pengambilan suatu keputusan pada saat ini maupun saat
mendatang.
Informasi yang dihasilkan oleh suatu sistem
informasi ini dimanfaatkan oleh pengguna internal dan eksternal. Pihal internal
terdiri dari semua orang yang terlibat didalam apotek, sedangkan pengguna
eksternal adalah pihak yang berkepentingan diluar, seperti PBF, pasien, dokter.
Kualitas dari suatu informasi (quality of information)
tergantung dari tiga hal, yaitu:
1. Akurat (accurate)
Informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bias atau menyesatkan. Informasi harus
akurat karena dari sumber informasi sampai ke penerima informasi kemungkinan
banyak terjadi gangguan (noise) yang dapat merubah atau merusak informasi
tersebut.
2. Tepat waktu (timeliness)
Informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat.
Informasi yang sudah usang akan tidak bernilai lagi. Karena informasi merupakan
landasan dalam pengambilan keputusan. Dewasa ini mahalnya nilai informasi
disebabkan harus cepatnya informasi tersebut didapat, sehingga diperlukan
teknologi-teknologi mutakhir untuk mendapatkan, mengolah dan mengirimkannya.
3. Relevan
(relevance)
Informasi tersebut mempunyai manfaat untuk pemakainya.
Relevansi informasi untuk tiap-tiap orang satu dengan yang lainnya berbeda.
Misalnya informasi mengenai harga pokok produksi untuk ahli teknik merupakan informasi
yang kurang relevan, tetapi relevan untuk akuntan.
Sistem Informasi
Sistem informasi didefinisikan oleh Robert A. Leitch k.
Roscoe Davis
sebagai berikut: “Sistem informasi adalah suatu sistem
didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi
harian, mendukung operasi, bersifat manejerial dan kegiatan strategis dari
suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan
yang diperlukan “.Jogiyanto(2005:8)
John Burch dan Gary Grudnitski yang ada pada Jogiyanto
(2005:8) mengemukakan bahwa sistem informasi terdiri dari komponen-komponen
yang disebut dengan istilah blok bangunan (building blok), yaitu :
1. Blok Masukan
Input mewakili data yang masuk kedalam sistem informasi.
Input disini termasuk metode-metode dan media untuk menangkap data yang akan
dimasukkan, yang dapat berupa dokumen-dokumen dasar.
2. Blok Model
Blok ini terdiri dari kombinasi procedure, logika dan model
matematik yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis
data dengan cara yang sudah ditentukan untuk manghasilkan keluaran yang
diinginkan.
3. Blok Keluaran
Produk dari sistem informasi adalah keluaran yang merupakan
informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan
manajemen serta semua pemakai sistem.
4. Blok Teknologi
Teknologi merupakan “kotak alat” (tool box) dalam sistem
informasi. Teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model,
menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran dan
membantu penegndalian dari sistem secara keseluruhan. Teknologi terdiri dari
tiga bagian utama, yaitu teknisi (humanware atau brainware), perangkat lunak
(software) dan perangkat keras (hardware).
5. Blok Basis Data
Basis data (database) merupakan kumpulan dari data yang
saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan diperangkat keras
komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya. Data perlu
disimpan didalam basis data untuk keperluan penyedia informasi lebih lanjut.
Data didalam basis data perlu diorganisasikan sedemikian rupa, supaya informasi
yang dihasilkan berkualitas dan untuk
mengefisiensikan kapasitas penyimpanan. Basis data diakses atau dimanipulasi dengan menggunakan
prangkat lunak paket yang disebut dengan DBMS (Database Manajemen System).
6. Blok Kendali
Banyak hal yang dapat merusak sistem informasi, seperti
misalnya bencana alam, api, temperature, air, debu, kecurangan-kecurangan,
kegagalan-kegagalan sistem, kesalahan-kesalahan, ketidakefisienan, sabotese dan
sebagainya. Beberapa pengendalian perlu dirancang dan diterapkan untuk
meyakinkan bahwa hal-hal yang dapat merusak sistem dapat dicegah ataupun bila terlanjur terjadi
kesalahan-kesalahan dapat langsung cepat
diatasi.
Perancangan
sistem Informasi
Perancangan sistem dapat didefinisikan sebagai penguraian
komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi
permasalahan-permasalahan, kesempatan-kesempatan, hambatan-hambatan yang
terjadi dan kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan
perbaikan-perbaikannya. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam merancang dan
membangun sebuah sistem adalah:
1. Kebutuhan
perusahaan, organisasi atau lembaga, yaitu dengan cara memahami bidang yang
akan dikembangkan, sasaran yang dibidik serta media yang akan digunakan.
2. Kebutuhan
operator, yaitu kebutuhan operator untuk memperoleh sistem yang mudah dipahami
dan dioperasikan serta tampilan yang interaktif. Kebutuhan operator dapat
diperoleh melalui proses wawancara.
3. Kebutuhan pemakai,
yaitu keinginan-keinginan dari si pemakai sistem informasi seperti jaminan
keamanan, standarisasi tampilan, kecepatan akses dan kemudahan dalam
pengoperasian.
4. Kebutuhan teknis,
yaitu meliputi arsitektur dan konfigurasi sistem. Secara teknis peralatan dan
teknologi yang digunakan, termasuk pertimbangan penggunaan peralatan yang tidak
standar, seperti peralatan multimedia, kebutuhan interface, database dan
perangkat lunaknya.
Elemen
Perancangan Sistem Informasi
Elemen proses
perancangan meliputi :
a. Perancangan Data
Perancangan Data merupakan Transformasi model data yang dihasilkan oleh proses analisis menjadi
struktur data yang dibutuhkan pada saat implemntasi.
b. Perancangan
Arsitektur
Perancangan Arsitektur merupakan definisi keterkaitan antara
elemen-elemen utama yang akan membentuk program.
c. Perancangan
Antarmuka
Perancangan Antarmuka merupakan penjabaran komunikasi
internal perangkat lunak, antara perangkat lunak dengan sistem diluarnya, dan antara
perangkat lunak dengan usernya.
d. Perancangan
Prosedur
Perancangan Prosedur merupakan transformasi elemen struktural dan arsitektur program menjadi
deskripsi prosedur.
Persediaan obat Apotek
Persediaan obat di Apotek dilakukan dari pemesanan obat ke
supplier yang nanti datang di antar pengirim, obat yang dikirim akan masuk ke
penerimaan lalu masuk ke stok obat jika ada obat yang tidak sesuai pesanan dan
rusak maka obat di retur ke supplier. Obat
yang ada di stok untuk dijual dalam opreasi normal ke konsumen.
Pengertian
Apotek
Dalam peraturan pemerintah no.25 tahun 1980 yang dimaksud
apotek adalah suatu tempat terrtentu, tempat dilakukan perkerjaan kefarmasiaan
dan pengeluaran obat kepada masyarakat.
Apotek adalah tempat menjual dan kadang membuat atau meramu obat. Apotek juga
merupakan tempat apoteker melakukan praktik profesi farmasi sekaligus menjadi
peritel. Kata ini berasal dari kata bahasa Yunani apotheca yang secara harfiah
berarti "penyimpanan". Menurut KepMenKes No.1027/MENKES/SK/IX/2004,
apotek adalah tempat tertentu tempat dilakukan pekerjaan kefarmasian dan
penyaluran sediaan kefarmasian, perbekalan kesehatan lainnya kepada masyarakat.
Menurut definisi di atas dapat diketahui bahwa apotek merupakan salah satu
sarana pelayanan kesehatan dalam membantu mewujudkan tercapainya derajat
kesehatan yang optimal bagi masyarakat, selain itu juga sebagai salah satu
tempat pengabdian dan praktek profesi apoteker dalam melakukan pekerjaan
kefarmasian.
Pengertian Pengujian (Testing)
Testing adalah proses mengeksekusi program secara intensif untuk menemukan
kesalahan – kesalahan. Testing sangat penting sebab akan mempengaruhi pada tata
cara pengujian. Pengujian tidak hanya untuk mendapatkan program yang benar, namun juga memastikan
bahwa program tersebut bebas dari
kesalahan – kesalahan untuk segala kondisi.
Testing adalah proses menjalankan
dan mengevaluasi sebuah perangkat lunak
secara manual maupun otomatis untuk menguji apakah perangkat lunak sudah
memenuhi persyaratan atau belum. Dan untuk menentukan perbedaan antara hasil
yang diharapkan dengan hasil sebenarnya.
Prinsip pengujian yang harus diperhatikan
a.
Dapat dilacak hingga ke persyaratan atau dokumen SRS
b.
Pengujian harus direncanakan sebelum pelaksanaan pengujian
c.
Pengujian harus dimulai dari hasl yang kecil, diteruskan ke hal-hal yang
besar.
d.
Pengujian yang berlebihan tidak akan mungkin dapat dilaksanakan
e.
Pengujian sebaiknya dilakukan oleh pihak ketiga.
Tujuan Pengujian :
1. Menilai apakah perangkat lunak yang dikembangkan telah memenuhi
kebutuhan pemakai.
2. Menilai apakah tahap pengembangan perangkat lunak telah sesuai dengan metodologi yang digunakan.
3. Membuat dokumentasi hasil pengujian yang menginformasikan kesesuaian
perangkat lunak yang diuji dengan spesifikasi
yang telah ditentukan.
Jaringan
Komputer
Jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer otonom yang saling terhubung satu dengan yang
lainnya menggunakan protocol
komunikasi melalui media transmisi pada suatu jaringan komunikasi data.
Topologi Fisik Jaringan Komputer
Topologi
jaringan adalah struktur jaringan untuk
mengidentifikasi cara bagaimana simpul atau pusat di dalam jaringan saling
berhubungan. di antaranya :
1.
Topologi Star Network
Pada topologi ini Local Area Network
terdiri dari sebuah central node yang berfungsi sebagai pengatur arus informasi
dan penanggung jawab komunikasi dalam suatu jaringan. Jadi jika node yang satu ingin berkomunikasi dengan node yang lain
maka harus melalui central node.
Topologi Star Network
Mengingat pentingnya fungsi dari
central node, maka dalam sistem ini biasanya komputer yang digunakan sebagai
central node merupakan komputer besar
atau mainframe komputer yang memiliki kemampuan dan kecepatan tinggi.
2.
Topologi Bus Network
Pada topologi ini, node yang satu
dengan node yang lain dihubungkan dengan suatu jalur data atau bus.
Topologi Bus Network
Pada gambar kita amati bahwa sistem
topologi bus bisa tidak memiliki central
node dan semua node memiliki
status yang sama antara satu dengan yang lainnya.
3.
Topologi Loop Network
Topologi Loop network menghubungkan antara node secara serial dalam bentuk suatu
lingkaran tertutup. Seperti halnya pada topologi bus, semua node memiliki
status yang sama.
Topologi Loop Network
Pada topologi loop network ini setiap node dapat melakukan tugas untuk operasi yang
berbeda-beda. Tetapi topologi ini memiliki kelemahan bahwa jika salah satu node rusak, maka akan dapat menyebabkan
gangguan komunikasi antar node satu
denagn yang lainnya.
4.
Topologi Ring Network
Topologi Ring Network atau topologi cincin ini
merupakan topologi hasil penggabungan antara topologi loop network dengan
topologi bus network. Keuntungannya adalah bahwa jika salah satu node rusak, maka tidak akan mengganggu
jalannya komunikasi antar node karena node yang rusak tersebut diletakan
terpisah dari jalur data.
Topologi Ring Network
5.
Topologi Hierarki Network
Topologi Hierarki/Web Network dapat dilihat seperti
pola struktur organisasi pada sebuah perusahaan. Model hirarki ini dapat
dilihat seperti pada gambar di bawah.
Topologi Hierarki Network
Pengertian Client Server
Client-server merupakan model hubungan sebuah
jaringan yang memungkinkan untuk
mensentralisasi fungsi dari aplikasi kepada satu atau dua dedicated file
server. Model hubungan ini menyediakan mekanisme untuk mengintegrasikan seluruh
komponen yang ada di jaringan dan memungkinkan banyak pengguna secara bersamaan
memakai sumber daya pada file server. Sebuah file server menjadi jantung dari
keseluruhan sistem, dan workstation yang berdiri sendiri dapat mengambil sumber
daya yang ada pada file server.
Perangkat Lunak Pendukung
Tanpa perangkat lunak pendukung
sebuah komputer tidak akan berguna. Komputer membutuhkan perangkat lunak untuk
beroperasi dan membutuhkan sistem operasi atau program untuk membuat komputer
bekerja sama secara baik. Perangkat lunak pendukung adalah program yang
dirancang untuk mendukung perantara hardware untuk bekerja bersama dan
menyediakan bantuan program aplikasi.
Microsoft Visual Basic
Visual Basic adalah sebuah bahasa
pemograman yang digunakan untuk membuat program apilkasi berbasis orientasi
objek atau objek oriented program (OOP).
Visual Basic merupakan pengembangan dari bahasa Basic yang pernah
populer. Dengan Visual Basic, perancangan sebuah program akan lebih mudah dan
menyenangkan karena didukung oleh komponen-komponen pelengkap yang memiliki
standar Window
Project Baru Dengan Visual Basic
Tampilan Visual Basic
Gambar tampilan visual basic terdiri
dari :
1 . Menu
2.
Toolbar standar
3.
Project explorer
4. Property Window
5. Lay out window
6. toolBox.
SQL Server 2000
Sql server 2000 diluncurkan pada
tahun 2000. Sql server ini merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yaitu
Sql server versi 7.0 yang diluncurkan tahun 1999. Microsoft sql server 2000
merupakan salah satu database relational yang banyak digunakan oleh dunia usaha
baik perusahaan-perusahaan besar maupun menengah. Sql server 2000 ini dirancang
untuk penggunaan aplikasi dengan arsitektur client-server. Sehingga dengan
menggunakan sql server memungkinkan pengguna dapat mengolah data dalam database
terpusat atau yang sering disebut server.
Crystal report
Crystal Report merupakan salah satu
produk dari Seagate Software yang menangani perkembangan teknologi penyajian
laporan. Crystal report merupakan
program khusus untuk membuat laporan yang terpisah dengan program Microsoft
Visual Basic 6.0 tetapi keduanya dapat dihubungkan (Linkage). Mencetak dengan
Crystal Report hasilnya lebih baik dan lebih mudah karena pada Crystal Report
banyak tersedia objek-objek maupun komponen yang mudah digunakan. Dalam
mendesain laporan digunakan adalah crystal report
Langkah-langkahnya adalah sebagai
berikut :
1. Membuat Laporan
2.
Dari jendela Visual Basic pilih menu Add-Ins kemudian pilih Report
Designer.
3.
Pilih menu File, kemudian klik New. Kemudian muncul Create New Report pilihlah Standart, untuk membuat laporan
dengan format standar.
Create New Report
4.
Tampilan berikutnya adalah Create Report Expert. Pada Tab> Tables
klik tombol Data File untuk menampilkan dialog Choose Database File. Tentukan File Database yang akan digunakan.
Klik tombol Add.
5.
Klik Tab Fields kemudian pilih semua field dalam queri absen tekan
tombol All
6.
Karena sudah tidak ada pengaturan lebih lanjut maka klik Preview Report
untuk menampilkan struktur laporan dan klik Preview Sample untuk menampilkan
contoh hasil laporan.
7.
Membuat laporan.
Laporan penerimaan
TAHAP ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM
Analisa sistem yang sedang berjalan
Analisis Dokumen
Analisis dokumen dilakukan untuk mengetahui sistem informasi, apakah data yang didapat sekarang sudah cukup menghasilkan informasi yang dibutuhkan.
Adapun dokumen yang digunakan berkaitan dengan kegiatan penjualan dan pembelian dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu dokumen masukan dan dokumen keluaran. Dokumen masukan merupakan dokumen yang dipakai sebagai sumber data ataupun dokumen yang digunakan sebagai masukan dalam sistem. Sedangkan dokumen keluaran adalah dokumen yang dihasilkan oleh sistem. Dokumen – dokumen tersebut mempunyai bentuk seperti:
Nama : Untuk menjelaskan nama dokumen tersebut Fungsi : Untuk menjelaskan kegiatan informasi yang digunakan
Sumber : Asal dokumen
Rangkap : Jumlah salinan dokumen
Distribusi : Menjelaskan ke proses apa saja dan ke bagian
Mana saja data itu mengalir
Atribut : Semua yang ada dalam dokumen
a) Analisis Dokumen Masukan
Dokumen masukan merupakan dokumen yang dipakai sebagai sumber data ataupun dokumen yang digunakan sebagai masukan dalam sistem. Yang termasuk kedalam dokumen masukan adalah sebagai berikut:
1. Nama : Resep
Fungsi : catatan obat dari hasil pemeriksaan dokter.
Sumber : Dokter
Rangkap : 1 (satu)
Distribusi : Konsumen ke apotek
Atribut : no_resep, tgl, nama_pasein, umur, alamat, nama _ dokter, nama_obat, jumlah_obat, dosis.
2. Nama : Kartu stok
Fungsi : untuk menginputkan data stok obat baru pada database apotek.
Sumber : Apoteker
Rangkap : 1(satu)
Distribusi : -
Atribut :identitas_apotek,kode_obat,nama_obat,harga_obat, keluar_obat, masuk_obat.
3. Nama : Faktur pembelian
Fungsi : catatan pembelian obat
Sumber : supplier
Rangkap : 2(dua)
Distribusi : Apoteker
Atribut :identitas_apotek,kode_obat,nama_obat, harga_obat.
b) Analisis Dokumen Keluaran
Dokumen keluaran adalah dokumen yang dihasilkan oleh sistem.
Yang termasuk kedalam dokumen keluaran dalah sebagai berikut:
1. Nama : Nota penjualan
Fungsi : untuk menuliskan bukti transaksi penjualan.
Sumber : Apotek
Rangkap : 2 (dua)
Distribusi : kasir ke konsumen
Atribut : no_nota,tgl_penjualan, nama_pasien,alamat, total.
2. Nama : Nota pesanan
Fungsi : Dokumen sebagai data-data Pemesanan kepada supplier.
Sumber : Apoteker
Rangkap : 1 (satu)
Distribusi : Apoteker ke supplier
Atribut : no_pemesanan, identitas_apotek, nama_obat, qty_obat, identitas_supplier .
Analisis Prosedur Yang Sedang Berjalan
Analisis prosedur sistem yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan akan data dari suatu sistem yang sedang berjalan disuatu perusahaan atau instansi. Analisis prosedur sistem yang sedang berjalan berikut ini merupakan prosedur penjualan dan pembelian adalah sebagai berikut :
A. Analisis Prosedur Penjualan Obat Resep
1. Konsumen memberikan resep ke kasir.
2. Kasir menerima resep lalu menginputkan data yang ada di resep, lalu dihitung untuk mengetahui total bayar untuk diinformasikan ke konsumen, jika konsumen setuju dengan harga maka cetak faktur jual lalu resep diserahkan ke apoteker.
3. Apoteker menyediakan atau meracik obat sesuai resep lalu obat di kemas dan diserahkan ke juru resep.
4. Juru resep memberikan obat serta menjelaskan aturan pakai obat dan faktur penjualan ke konsumen.
5. Kasir mencetak laporan penjualan lalu diserahkna ke pemilik Apotek.
B. Analisis Prosedur Penjualan non resep
1. Konsumen meminta non resep.
2. Kasir menginputkan obat yang diminta konsumen, jika obat ada lalu dihitung harga obat untuk diinformasikan ke konsumen. Jika setuju dengan harga maka Juru resep menyediakan obat, lalu obat dan diserahkan ke konsumen.
3. Kasir mencetak faktur penjualan lalu diserahkan ke konsumen.
4. Mencetak laporan penjualan lalu diserahkan ke pemilik Apotek.
C. Analisis Prosedur Pemesanan Obat.
1. Apoteker mengiputkan nama supplier lalu mengecek stok obat, pilih obat
berdasarkan stok minimum inputkan jumlah pesanan.
2. Apoteker mencetak faktur pesanan untuk diserahkan ke supplier.
3. Apoteker mencetak laporan pemesanan untuk diserahkan ke pemilik Apotek.
D. Analisis Prosedur Pembelian Obat
1. Supplier membuatkan faktur pembelian yang akan diserahkan pada saat obat dikirim ke apotek.
2. Apoteker menerima faktur pembelian lalu mengecek faktur pembelian disesuaikan dengan daftar pesanan jika sesuai maka data pembelian akan diinputkan ke data obat dan jika tidak sesuai akan kembali ke pembelian.
3. Apoteker mencetak laporan pembelian untuk diserahkan ke pemilik Apotek.
E. Analisis prosedur retur obat injeksi yang berjalan
1. Konsumen memberikan nota dan obat injeksi ke apoteker lalu dicek obat apakah sesuai dengan yang ada di apotek dan tidak melebihi dua hari setelah dijual.
2. Nota diterima kasir untuk dicatat retur lalu dipotong 10% dari harga jual lalu uang dikembalikan ke konsumen.
3. Kasir membuatkan laporan retur jual obat injeksi yang diserahkan ke Pemilik Apotek.
F. Analisis prosedur retur beli
1. Supplier mengirim obat yang telah dipesan apoteker
2. Apoteker mengecek obat yang dipesan jika sesuai jumlah dan obat tidak rusak masuk ke penerimaan obat jika tidak apoteker mencatat retur obat untuk diserahkan ke supplier.
3. Apoteker membuat laporan retur beli lalu diserahkan ke Pemilik Apotek.
Flow Map
Flowmap menggambarkan aliran dan informasi antar area didalam sebuah organisasi dan menelusuri sebuah dokumen dari asalnya sampai tujuannya. Secara rinci flowmap menunjukkan dari mana dokumen tersebut berasal, distribusinya, dan tujuan digunakannya dokumen tersebut. Flowmap bermanfaat untuk menganalisis kecukupan prosedur pengawasan dalam sebuah sistem.
Berikut ini flowmap prosedur sistem penjualan dan pembelian, juga administrasi keuangan di apotek
Flow map prosedur penjualan resep yang berjalan
Flow map prosedur penjualan obat bebas yang berjalan
Flow map prosedur pemesanan yang berjalan
Flow map prosedur pembelian yang berjalan
Flowmap Retur Obat Injeksi 63
Flow Map retur beli yang berjalan
Keterangan :
R1 : Arsip laporan retur obat injeksi
LR :Arsip laporan retur beli
Diagram Konteks
Diagram konteks berfungsi untuk mendefinisikan awal dan akhir dari data yang masuk dan keluar pada suatu sistem. Berikut ini merupakan diagram konteks pada Sistem Informasi penjualan, pembelian dan administrasi keuangan Apotek
Diagram Konteks Yang Sedang Berjalan
Data Flow Diagram (DFD)
Data Flow Diagram (DFD) adalah suatu gambaran secara logikal. DFD biasanya digunakan untuk membuat sebuah model sistem informasi dalam bentuk jaringan proses yang saling berhubungan satu sama lainnya oleh aliran data.
Data Flow Diagram penjualan resep yang berjalan
Data Flow Diagram penjualan non resep berjalan
Data Flow Diagram pemesanan yang berjalan
Data Flow Diagram pembelian yang berjalan
Flow Map retur obat injeksi yang berjalan
Flow Map retur beli yang berjalan
Perancangan Sistem
Setelah melakukan tahap analisis sistem maka pada tahap perancangan ini penulis akan membuat sebuah rancangan sistem informasi pengolahan data Apotek
:
Gambar Umum Alur Data
Gambaran umum yang terlibat dalam Pengembangan Sistem Informasi Persediaan Obat di apotek adalah sebagai berikut :
1. Apoteker adalah orang yang mengelola data obat, stok obat, data pemesanan, transaksi pembelian,retur pembelian, membuat laporan pembelian, laporan retur pembelian.
2. Kasir adalah orang yang mengelola transaksi penjualan, retur penjualan, membuat laporan penjualan, laporan retur pembelian, pencatatan biaya pengeluaran Apotek, membuat laporan keuangan.
Perancangan Prosedur yang Diusulkan
Perancangan proses atau prosedur yang diusulkan terdiri dari Narasi Prosedur, Flowmap Sistem, Diagram Konteks, Data Flow Diagram (DFD), dan Kamus Data.
1. Narasi Prosedur
A. Penjualan obat resep
- Konsumen memberikan resep ke juru resep.
- Kasir menerima resep lalu menginputkan data yang ada di resep, lalu dihitung untuk mengetahui total bayar untuk diinformasikan ke konsumen, jika konsumen setuju dengan harga maka cetak faktur jual lalu resep diserahkan ke apoteker.
- Apoteker menyediakan atau meracik obat sesuai resep lalu obat di kemas dan diserahkan ke juru resep.
- Juru resep memberikan obat serta menjelaskan aturan pakai obat dan faktur penjualan ke konsumen.
- Kasir mencetak laporan penjualan.
B. Penjualan Non Resep
- Konsumen meminta obat bebas.
- Kasir menginputkan obat yang diminta konsumen, jika obat ada lalu dihitung harga obat untuk diinformasikan ke konsumen. Jika setuju dengan harga maka Juru resep menyediakan obat, lalu obat dan diserahkan ke konsumen.
- Kasir mencetak faktur penjualan lalu diserahkan ke konsumen.
- Mencetak laporan penjualan lalu diserahkan ke pemilik Apotek.
C. Retur penjualan
- Konsumen menyerahkan obat serta nota pembelian lalu diserahkan ke kasir.
- kasir lalu mengcek pada retur penjualan jika obat serta no penjualan sesuai dengan yang ada di apotek maka obat bisa diretur dengan di potong biaya 10%, jika tidak sesuai obat serta nota dikembalikan ke konsumen.
- Kasir mengembalikan uang retur ke konsumen.
D. Pemesanan obat
- Apoteker mengecek stok obat, jika stok minimum berkurang apoteker menginputkan data pemesanan obat.
- Apoteker mencetak surat pesanan untuk diserahkan ke supplier.
- Apoteker memcetak laporan pemesanan untuk diserahkan ke pemilik Apotek.
E. Pembelian Obat
- Supplier membuatkan faktur pembelian yang akan diserahkan pada saat obat dikirim ke apotek.
- Apoteker menerima faktur pembelian lalu menginputkan data pembelian.
- Supplier menyerahkan obat retur, lalu apoteker mnginputkan ke penerimaan obat.
- Apoteker mencetak laporan pembelian untuk diserahkan ke pemilik Apotek.
F. Retur pembelian
- Apoteker inputkan data retur
- Apoteker mencetak faktur retur beli lalu diserahkan ke supplier.
Bagan alir dokumen atau disebut juga bagan alir formulir merupakan bagan alir yang menunjukan arus dari laporan dan formulir termasuk tembusan - tembusannya. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada
gambar Flow Map berikut ini:
Flow Map penjualan Obat Resep yang diusulankan
FlowMap Penjualan Obat bebas yang Diusulkan
FlowMap Prosedur Retur Jual Yang diusulkan
Pemesanan obat yang diusulkan
Flow Map Pembelian yang Diusulkan
Flow Map Prosedur Retur pembelian
3. Diagram Konteks
Untuk menggambarkan sistem secara umum yang mewakili seluruh proses yang terjadi dan menggambarkan bagaimana hubungan antara proses utama dengan entitas yang terlibat dalam sistem,
maka penyusun menggambarkan diagram konteks dari sistem yang diusulkan sebagai berikut :
Diagram Konteks Yang Diusulkan
Data Flow Diagram merupakan peralatan yang berfungsi untuk menggambarkan secara rinci mengenai sistem sebagai jaringan kerja antar fungsi yang berhubungan satu sama lain dengan menunjukan dari dan kemana data mengalir serta penyimpanannya. Berikut adalah DFD Sistem Informasi persediaan obat di apotek
a. DFD level 1
DFD level 1 menjelaskan mengenai proses-proses yang terjadi pada sistem infromasi persediaan obat secara terperinci. Gambar dibawah ini menjelaskan Data Flow Diagran level 1 sistem informasi persediaan obat yang diusulkan.
DFD Level 1 Yang Diusulkan
b. DFD level 2 proses 1
DFD level 2 proses 1 merupakan perincian dari proses 1 pada sistem informasi persediaan obat. Gambar dibawah ini menjelaskan Data Flow. Diagran level 2 proses 1 sistem informasi persediaan obat yang diusulkan yakni proses pesanan :
DFD Level 2 Proses 1 Pesanan Yang Diusulkan
c. DFD level 2 proses 2
DFD level 2 proses 2 merupakan perincian dari proses 2 pada sistem informasi persediaan obat yang diusulkan Gambar dibawah ini menjelaskan Data Flow Diagran level 2 proses 2 sistem informasi yang diusulkan yakni proses penerimaan obat
DFD Level 2 Proses 2 Pembelian Yang Diusulkan
d. DFD level 2 proses 3
DFD level 2 proses 3 merupakan perincian dari proses 3 pada sistem
informasi persediaan obat yang diusulkan Gambar dibawah ini menjelaskan
Data Flow Diagran level 2 proses 3 sistem informasi yang diusulkan yakni
proses retur beli obat
level 2 proses 3 Retur Beli Yang Diusulkan
e. DFD level 2 proses 4
DFD level 2 proses 4 merupakan perincian dari proses 4 pada sistem informasi persediaan obat yang diusulkan Gambar dibawah ini menjelaskan Data Flow Diagran level 2 proses 4 sistem informasi yang diusulkan yakni proses penjualan obat
level 2 proses 4 Penjualan Yang Diusulkan
f. DFD level 2 proses 5
DFD level 2 proses 5 merupakan perincian dari proses 5 pada sistem informasi persediaan obat yang diusulkan Gambar dibawah ini menjelaskan Data Flow Diagran level 2 proses 5 sistem informasi yang diusulkan yakni proses retur penjualan obat
DFD level 2 proses 5 Retur Jual Yang Diusulkan
5. Kamus Data
1. Nama Arus Data : data pesanan
Alias : -
Aliran Data : proses 1- f. pesanan
Struktur Data : nama_supplier, kode_obat, nama_obat, jumlah_obat, Harga_obat
2. Nama Arus Data : faktur pesanan
Alias : -
Aliran Data : f.pesanan – proses 3, proses 3 – Supplier.
Struktur Data :no_pesanan,Tgl_pesanan, qty,jenis_barang,harga, jumlah
3. Nama Arus Data : Laporan pesanan
Alias : -
Aliran Data : proses 4 – f. laporan pesanan,
f. laporan pesanan – pemilik apotek.
Struktur Data :Tgl_pesanan,qty,jenis_barang,harga, Jumlah.
4. Nama Arus Data : Data pembelian
Alias : -
Aliran Data : Apoteker – proses 1, proses 1 – f. Pembelian
Struktur Data : no_faktur, nama_supplier, kode_obat, nama_obat, tipe_obat, satuan_obat, qty, harga, total.
5. Nama Arus Data : laporan pembelian
Alias : -
Aliran Data : f. pembelian – proses 3, proses 3 –
f. laporan pembelian, f.laporan pembelian – pemilik apotek.
Struktur Data : tgl_faktur, nama_barang, no_batch, qty, satuan, harga, total
6. Nama Arus Data : Data retur beli
Alias : -
Aliran Data : Apoteker – proses 1, proses 1 – f. Retur beli
Struktur Data : no_faktur, tgl_faktur, kode_barang, nama_barang, satuan, stok_tersedia, harga, jumlah, nama_supplier.
7. Nama Arus Data : faktur retur beli
Alias : -
Aliran Data : proses 2 – f. faktur retur beli, f.
Faktur beli – supplier.
Struktur Data : no_faktur, tgl_faktur, kode_barang, nama_barang, satuan, stok_tersedia, harga, jumlah, nama_supplier.
8. Nama Arus Data : obat resep, obat bebas
Alias : -
Aliran Data : Konsumen – proses4 , proses 4
f. penjualan
Struktur Data : nama_pasein, nama_obat, jumlah_obat,harga obat
9. Nama Arus Data : data harga obat
Alias : -
Aliran Data : f.penjualan – proses 4
Struktur Data : harga_jual_obat, jumlah, total bayar.
10. Nama Arus Data : data transaksi
Alias : -
Aliran Data :f. penjualan- proses 4, proses 4-konsumen
Struktur Data : tgl_penjualan, nama_konsumen, qty, jenis_barang, harga, jumlah, total.
11. Data retur jual
Nama Arus Data : data retur jual
Alias : -
Aliran Data : konsumen – proses 1, proses 1 – f.penjualan, f.penjualan – proses 2,proses 2-f.retur jual Retur jual
Struktur Data : no_nota, nama_konsumen, qty, Jenis_obat,nama_obat,jumlah, harga,potongan, total.
12. Nama Arus Data : Data potongan retur
Alias : -
Aliran Data : proses 2 – proses 3, proses 3 – Konsumen
Struktur data : harga,potongan, total.
13. Nama Arus Data : Data laporan retur jual
Alias : -
Aliran Data : f.retur jual – proses 4, proses 4 –
f. laporan retur jual
Struktur data : no_retur, nama_obat, jumlah, harga, potongan, total.
Perancangan Basis Data
Tujuan perancangan basis data adalah untuk memberikan gambaran perancangan basis data dari sistem yang berjalan dengan cara melakukan normalisasi pada tabel yang akan dirancang. Perancangan basis data ini meliputi normalisasi, Relasi Tabel, ERD, struktur file dan kodifikasi.
1. Normalisasi
Berikut ini adalah tahapan normalisasi dari sistem informasi pengolahan data apotek :
a. Bentuk unnormal
Pada tahap ini semua data yang ada akan direkam tanpa format tertentu dan data bisa jadi mengalami duplikasi.
Resep = { no_resep, tgl_resep, nama_pasien, nama_obat, jumlah}
Nota penjualan = {no_nota, tgl_penjualan, nama_konsumen, qty, jenis_barang, harga, jumlah, total }
Nota pesanan = {no_pesanan, Tgl_pesanan, qty, jenis_barang, harga, jumlah}
Faktur pembelian = { no_faktur, tgl_faktur, kode_barang, nama_barang,qty,satuan,harga,total,nama_supplier,alamat-supplier,nama_apotek, alamat_apotek}
Faktur pembelian kredit = {no_faktur_kredit, tgl_faktur_kredit, kode_barang,nama_barang,qty,satuan, harga,diskon,total,nama_supplier,alamat,supplier,na ma_apotek,alamat_apotek, Jatuh_tempo}
Kartu stok = { tgl_terima, supplier, nama_obat, satuan, harga, masuk, keluar, sisa }
Retur penjualan = { no_nota, nama_konsumen, qty, Jenis_obat, nama_obat, jumlah, harga, potongan, total}
Retur pembelian = { no_faktur, tgl_faktur, kode_barang, nama_barang, satuan, stok_tersedia, harga, jumlah, nama_supplier }
Laporan penjualan resep = {tgl_jual_resep,nama_obat,harga, jumlah, total }
Laporan penjualan obat bebas = {tgl_jual_obat_bebas, nama_obat, jumlah, harga, total }
Laporan pembelian = { tgl_faktur, nama_barang, qty, satuan, harga, total}
b. Bentuk normal pertama
Suatu relasi dikatakan mempunyai bentuk normal pertama bila
semua domain adalah sederhana. Artinya setiap atribut mempunyai
domain tunggal.
{no_resep,tgl_resep,nama_pasien,nama_obat,jumlah,no_nota, tgl_penjualan, nama_konsumen, qty, jenis_barang, harga, jumlah, total, no_pesanan,Tgl_pesanan,no_faktur,tgl_faktur,kode_barang, nama_barang, satuan,diskon,nama_supplier,alamat_supplier,nama_apotek,alamat_apotek ,tgl_terima,nama_supplier,masuk,keluar,sisa,jenis_obat,potongan,stok_tersedia,tgl_jual_obat_bebas, Tgl_pembayaran}
c. Bentuk normal kedua Menentukan kunci dari normalisasi pertama yang digunakan sebagai
primary key pada tabel, sebagai berikut :
1) No resep
2) No nota
3) No pesanan
4) No faktur
5) Kode obat
Tbl_resep = {no_resep*, tgl_resep, nama_obat, nama_pasien, jumlah_obat}
Tbl_Penjualan ={no_nota*, tgl_penjualan, kode_barang,nama_barang, qty,
satuan, harga, total }
Tbl_pesanan = {no_pesanan*, tgl_pesanan, kode_barang,
Nama_barang, qty, satuan, harga,total }
Tbl_pembelian = {no_faktur*, tgl_faktur, kode_barang,
Nama_barang, qty, satuan, harga, total }
Tbl_barang = {kode_barang*, jenis_barang, nama_barang }
d. Bentuk normal ketiga
Bentuk tahap ketiga terpenuhi jika pada sebuah tabel, semua atribut yang tidak termasuk pada primary key memiliki ketergantungan fungsional primary key secara utuh, adapun perbedaan dari normalisasi kedua dan ketiga adalah pada normalisasi kedua tidak terdapat field – field yang dijadikan kunci tamu dan kunci primer tiap- tiap tabel sedangkan pada normalisasi ketiga sudah ditentukan field-field mana saja yang dijadikan kunci tamu dan kunci primer pada tiap tabel sebagai relasi/penghubung tabel satu ke tabel yang lain. Seperti terlihat dibawah ini :
Tbl_jual = { no_faktur_jual*, tgl_transaksi, nama_ customer}
Tbl_jual_detail = { id_jual_detail*, no_faktur_jual, kode_obat**, qty_jual, harga_jual }
Tbl_beli = { no_faktur_beli*, tgl_transaksi, kode_supplier**,no_faktur_pesan**, jenis_bayar, jatuh_tempo, tgl_bayar }
Tbl_beli_detail = { id_beli_detail*,no_faktur_beli, kode_obat**, qty_beli, harga_beli }
Tbl_pesanan = {no_faktur_pesanan*, tgl_transaksi, kode_supplier**}
Tbl_pesanan_detail = {id_pesanan_detail*, no_faktur_pesanan,kode_obat**,qty_pesanan, harga_beli}
Tbl_obat = {Kode_obat*, nama_obat, tipe_obat, jenis_obat, satuan_obat, supplier harga_jual, harga_beli, stok_obat, min_obat}
Tbl_supplier = { kode_supplier*, nama_supplier, alamat_supplier, kota_supplier, Telp_supplier, contact_supplier}
Tbl_retur_beli = {no_retur_beli*,no_faktur_beli,tgl_transaksi}
Tbl_retur_beli_detail = {id_retur_beli*, no_retur_beli, kode_obat**, qty_retur_beli, harga_beli}
Tbl_retur_jual = {no_retur_beli*, tgl_transaksi, no_faktur_jual** }
Tbl_retur_jual_detail = { id_retur_beli*, no_retur_jual, kode_obat**, qty_retur_jual, harga_jual}
Keterangan :
* = simbol kunci primer ** = simbol kunci tamu
2. Relasi Tabel
Untuk mengorganisasikan file yang bertujuan menghilangkan group elemen yang berulang maka dibuatkan relasi antar tabel, yang merupakan pengelompokan data dari tabel-tabel yang menunjukan entity dan relasinya sangat berfungsi untuk mengakses item sedemikian rupa sehingga database mudah dimodifikasi. Adapun bentuk relasi antar tabel dari sistem aplikasi yang diusulkan adalah sebagai berikut :
3. Entity Relationship Diagram (ERD)
Untuk membantu dalam melakukan perancangan proses, maka penyusun membuat E-R Diaram yang berfungsi untuk menggambarkan relasi dari dua file atau dua tabel sebagai berikut :
Entity Relationship Diagram (ERD)
4. Struktur File
Strukturn file dibuat untuk menunjukan arus data yang terdiri dari tiap item atau field data. Struktur data menerangkan property yang dimiliki oleh tiap-tiap item atau field data.
a. Nama file : supplier.db
Kunci file : kode_supplier
Struktur File Supplier
Kunci file : kode_obat
Struktur File Obat
c. Nama file : pesanan.db
Kunci file : no_faktur_pesan
Struktur File Pesanan
d. Nama file : penjualan.db
Kunci file : no_faktur_jual
Struktur File Penjualan
e. Nama file : pembelian.db
Kunci file : no_faktur_beli
Struktur File Pembelian
f. Nama file : Retur jual Kunci file : No_faktur _beli
Struktur File Retur Jual
g. Nama file : Retur beli
Kunci file : no_faktur_beli
Struktur File Retur Beli
5. Kodifikasi
Kodifikasi digunakan untuk menjabarkan item-item data yang bersifat unik, dalam perancangan ini penyusun melakukan kodifikasi sebagai berikut :
1. Kode Supplier
Format : X.XXXX
Keterangan : X : digit 1 menyatakan huruf pertama nama supplier
XXX : digit menyatakan no urutan supplier.
Contoh : A.0001 ( Abadi Argo Medica)
2. Kode Obat
Format : XXX.XXXXX
Keterangan : XXX : digit 1-3 menyatakan kode tipe obat
XXXX : digit 4-8 menyatakan no_urut
Contoh : KER.0001 ( obat keras)
OBB.0001 ( obat bebas )
OBT.0001 ( obat bebas terbatas)
3. Kode Tipe Obat
Format : XXX
Keterangan : XXX : digit 123 menyatakan huruf awal nama tipe obat
Contoh : KER (obat keras)
4. Kode Jenis Obat
Format : XXX
Keterangan : XXX : digit 123 menyatakan no urut jenis obat
Contoh :01
5. Kode Satuan Obat
Format : XX
Keterangan : XX : digit 12 menyatakan no urut satuan obat
Contoh : 01
6. No faktur
Format : XXXXXXXXXX
Keterangan :XX : digit 1-2 menyatakan nama faktur
XX : digit 3-4 menyatakan tahun
XX : digit 5-6 menyatakan bulan
XXXXXXX : digit 7-11 mennyatakan no urut Penjualan
Contoh :FJ.1012.00001 (faktur jual)
:FB.1012.00001(fakttur beli)
:FP.1012.00001(faktur pesan)
7. No Retur
Format :XXXXXXXXXX
Keterangan: XX : digit 1-2 menyatakan nama retur
XX : digit 3-4 menyatakan tahun
XX : digit 5-6 menyatakan bulan
XXXX : digit 7-11 menyatakan no urut retur
Contoh : RB.1012.00001
Perancangan Antar Muka
1. Struktur Menu
Struktur menu adalah bentuk umum dari suatu perancangan program untuk memudahkan melihat dan memfungsikan sesuai dengan kebutuhan. Perancangan Struktur program aplikasi merupakan perancangan program secara keseluruhan baik itu dari tampilan menu aplikasi, menu inputan, dan menu laporan.
Struktur Menu 100
2. Perancangan Input Perancangan input, tampilan dirancang sedemikian rupa agar mudah dioperasikan oleh pemakai. Untuk setiap eksekusi peralatan yang digunakan berupa keyboard dan mouse. Adapun form inputan yang penyusun rancang meliputi beberapa form yang akan dibutuhkan pada sistem informasi pengolahan data Apotek yang penyusun bangun. Berikut gambaran serta penjelasan dari masing –masing form yang penyusun rancang.
1. Form Login
Pada saat program pertama kali dijalankan, maka form yang pertama kali muncul adalah form login ini. Form login ini berfungsi sebagai filter awal untuk memasuki aplikasi sistem informasi ini, dengan
password yang rahasia, maka form login ini menjaga sistem aplikasi supaya tidak bisa dimasuki oleh sembarang orang.
Form Login
g. Tombol Login untuk diproses data login h. Tombol keluar untuk keluar dari sistem informasi persediaan obat
2. Form Ubah Password
Form ini merupakan Gambaran perancangan form input data ubah password
Form Ubah Password
a. Tombol simpan untuk menyimpan data ubah password b. Tombol batal untuk membatalkan data ubah password
3. Form Data Pengguna
Form ini merupakan Gambaran perancangan form input data pengguna sistem informasi persediaan obat dengan data yang dapat mengakses sebanyak 3 yaitu admin, apoteker dan kasir
Form Data Pengguna
a. Tombol simpan untuk menyimpan data pengguna b. Tombol batal untuk membatalkan inputan data pengguna
c. Tombol tambah data untuk menambah data pengguna baru
d. Tombol edit untuk merubah data inputan pengguna
e. Tombol hapus untuk menghapus data inputan pengguna
f. Tombol filter data untuk pemisahan data bedasarkan data pengguna tertentu
g. Tombol reset filter untuk mengembalikan data awal
h. Tombol tutup untuk keluar dari form data pengguna
4. Form Data Tipe Obat
Form ini merupakan Gambaran perancangan form input data tipe yang dimiliki obat
Form Tipe Obat
a. Tombol simpan untuk menyimpan data tipe obat b. Tombol batal untuk membatalkan inputan data tipe obat
c. Tombol tambah data untuk menambah data tipe baru
d. Tombol edit untuk merubah data inputan tipe
e. Tombol hapus untuk menghapus data inputan tipe
f. Tombol filter data untuk pemisahan data bedasarkan data tipe tertentu
g. Tombol reset filter untuk mengembalikan data awal
h. Tombol tutup untuk keluar dari form data tipe obat
5. Form Data Jenis Obat
Form ini merupakan Gambaran perancangan form input data jenis yang dimiliki obat
Form Jenis Obat
a. Tombol simpan untuk menyimpan data jenis obat b. Tombol batal untuk membatalkan inputan data jenis obat
c. Tombol tambah data untuk menambah data jenis baru
d. Tombol edit untuk merubah data inputan jenis obat
e. Tombol hapus untuk menghapus data inputan jenis obat
f. Tombol filter data untuk pemisahan data bedasarkan jenis tertentu
g. Tombol reset filter untuk mengembalikan data awal
h. Tombol tutup untuk keluar dari form data jenis obat
6. Form Data Satuan Obat
Form ini merupakan Gambaran perancangan form input data satuan yang dimiliki obat
Form Satuan Obat
a. Tombol simpan untuk menyimpan data satuan obat b. Tombol batal untuk membatalkan inputan data satuan obat
c. Tombol tambah data untuk menambah data satuan baru
d. Tombol edit untuk merubah data inputan satuan obat
e. Tombol hapus untuk menghapus data inputan satuan obat
f. Tombol filter data untuk pemisahan data bedasarkan data satuan tertentu
g. Tombol reset filter untuk mengembalikan data awal
h. Tombol tutup untuk keluar dari form data satuan
7. Form Data Obat
Form ini merupakan Gambaran perancangan form input data obat
Form Data Obat
a. Tombol simpan untuk menyimpan data obat
b. Tombol batal untuk membatalkan inputan data obat
c. Tombol tambah data untuk menambah data obat baru
d. Tombol edit untuk merubah data inputan obat
e. Tombol hapus untuk menghapus data inputan obat
f. Tombol filter data untuk pemisahan data bedasarkan data obat tertentu
g. Tombol reset filter untuk mengembalikan data awal
h. Tombol tutup untuk keluar dari form data obat
8. Form pemesanan
Form ini merupakan Gambaran perancangan form input data pemesanan
obat
Form Pemesanan
a. Tombol simpan untuk menyimpan data pemesanan b. Tombol batal untuk membatalkan inputan data pemesanan
c. Tombol tambah data untuk menambah data pemesanan
d. Tombol cetak faktur untuk mencetak faktur pemesanan
e. Tombol tutup untuk keluar dari form data pemesanan
9. Form Penerimaan
Form ini merupakan Gambaran perancangan form input data penerimaan obat
Form Pembelian
a. Tombol simpan untuk menyimpan data pengguna b. Tombol batal untuk membatalkan inputan data pengguna
c. Tombol tambah data untuk menambah data pengguna baru
d. Tombol hapus untuk menghapus data inputan pengguna
e. Tombol tutup untuk keluar dari form data pengguna
10. Form Retur Beli
Form ini merupakan Gambaran perancangan form input data retur beli obat
Form Retur Beli
a. Tombol simpan untuk menyimpan data pengguna b. Tombol batal untuk membatalkan inputan data pengguna
c. Tombol tambah data untuk menambah data pengguna baru
d. Tombol kosongkan untuk menghapus data inputan pengguna
e. Tombol tutup untuk keluar dari form data penggun
11. Form Penjualan
Form ini merupakan Gambaran perancangan form input data penjualan
Form Penjualan
a. Tombol simpan untuk menyimpan data pengguna
b. Tombol batal untuk membatalkan inputan data pengguna
c. Tombol tambah data untuk menambah data pengguna baru
d. Tombol kosongkan untuk menghapus data inputan pengguna
e. Tombol tutup untuk keluar dari form data pengguna
12. Form Retur Jual
Form Retur Jual
a. Tombol simpan untuk menyimpan data pengguna b. Tombol batal untuk membatalkan inputan data pengguna
c. Tombol tambah data untuk menambah data pengguna baru
d. Tombol kosongkan untuk menghapus data inputan pengguna
e. Tombol tutup untuk keluar dari form data pengguna
3. Perancangan Output
1. Cetak Laporan Peneriamaan
Form ini merupakan Gambaran perancangan form input data cetak
laporan penerimaan
Form Cetak Laporan Penerimaan
a. Tombol tampilkan untuk menampilkan laporan penerimaan b. Tombol keluar untuk kembali ke menu utama
rancangan laporan penerimaan
2. Cetak Laporan Pemesanan Form ini merupakan Gambaran perancangan form input data cetak
laporan pemesanan
Form Cetak Laporan Pemesanan
a. Tombol tampilkan untuk menampilkan laporan pemesanan b. Tombol keluar untuk kembali ke menu utama
Rancangan Laporan Pemesanan
3. Cetak Laporan Penjualan Form ini merupakan Gambaran perancangan form input data cetak
laporan penjualan
Form Cetak Laporan Penjualan
a. Tombol tampilkan untuk menampilkan laporan penjualan b. Tombol keluar untuk kembali ke menu utama
Rancangan Laporan Penjualan
4. Cetak Laporan Retur Beli Form ini merupakan Gambaran perancangan form input data retur beli
Form Laporan Retur Beli
a. Tombol tampilkan untuk menampilkan laporan retur bali b. Tombol keluar untuk kembali ke menu utama
Rancangan Laporan retur beli
5. Cetak laporan Retur Jual Form ini merupakan Gambaran perancangan form input data retur jual
Form Cetak Retur Jual
a. Tombol tampilkan untuk menampilkan laporan retur jual b. Tombol keluar untuk kembali ke menu utama
Rancangan Laporan retur jual
6. Cetak Kartu stok Form ini merupakan Gambaran perancangan form input data kartu stok
Form Kartu Stok
a. Tombol tampilkan untuk menampilkan laporan kartu stok b. Tombol keluar untuk kembali ke menu utama
Rancangan Kartu stok
Perancangan Arsitektur Jaringan
Perancangan Arsitektur jaringan (Desain Arsitektur) adalah perencanaan bagaimana sistem akan didistribusikan di antara komputer komputer yang ada dan perangkat lunak apa yang akan digunakan untuk masing-masing komputer.
Pada perancangan arsitektur jaringan, topologi jaringan yang akan digunakan adalah topologi star. Dengan adanya kabel tersendiri untuk setiap workstation ke server, maka bandwidth atau lebar komunikasi dalam kabel akan semakin lebar sehingga akan meningkatkan unjuk kerja jaringan secara keseluruhan, dan juga bila terdapat gangguan di suatu jalur kabel, maka gangguan hanya terjadi dalam komunikasi antar workstation yang bersangkutan dengan server. Jaringan keseluruhan tidak akan
mengalami gangguan. Adapun kebutuhan untuk mendukung jaringan ini adalah :
1. Media transmisi menggunakan kabel twisted pair, yang tipe
Unshielded twisted pair (UTP), serta konektor RJ 45.
2. Hub, alat penghubung antar komputer.
PENGUJIAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM
PENGUJIAN
Pengujian adalah proses menjalankan dan mengevaluasi sebuah perangkat lunak secara manual maupun otomatis untuk menguji apakah perangkat lunak sudah memenuhi persyaratan atau belum. Dan untuk menentukan perbedaan antara hasil yang diharapkan dengan hasil sebenarnya. Pengujian Pengembangan Sistem Informasi Persediaan Obat di Apotek dengan menggunakan metode Black Box. Pengujian Black Box adalah pengujian terhadap fungsionalitas perangkat lunak tanpa memperhatikan struktur logika internal perangkat lunak. pengujian Black Box juga merupakan metode perancangan data uji yang didasarkan pada spesifikasi perangkat lunak. Data uji dibangkitkan, dieksekusi pada perangkat lunak dan kemudian keluaran dari perangkat lunak dicek apakah telah sesuai dengan yang diharapkan.
IMPLEMENTASI
Tahapan implementasi adalah tahapan penerapan sistem untuk dapat dioperasikan. Pada tahapan ini dijelaskan mengenai sistem yang dirancang dan bagaimana cara penggunaannya.
Batasan Implementasi
Mengimplementasikan sistem aplikasi ini ada beberapa hal yang dijadikan batasan – batasan implementasi yaitu sebagai berikut :
1. Implementasi perangkat lunak dilakukan pada PC (personal computer) dengan sistem operasi microsoft windows XP secara client server.
2. Basis data yang digunakan dalam pengimplementasian ini adalah SQL Server 2000.
3. Pembuatan aplikasi Sistem Informasi persediaan obat dan administrasi dengan menggunkan Visual Basic 6.
Implementasi Perangkat Lunak
Adapun perangkat lunak yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah adalah :
1. Visual Basic 6
Penyusun menggunakan Visual Basic 6 untuk membuat aplikasi sistem informasi persediaan obat dan administrasi keuangan ini.
2. SQL Server 2000
Penyusun menggunakan SQL Server untuk membuat basis data.
Implementasi Perangkat Keras
Perangkat keras yang digunakan berdasarkan kebutuhan minimal yang harus terpenuhi untuk menjalankan program tersebut antara lain adalah :
1. Server
a. Menggunakan minimal prosessor intel duo core
b. RAM 1 G
c. Harddisk untuk menyimpan data minimal 160Ghz.
d. DVD RW
e. Monitor, mouse, keyboard, dan printer
2. Client
a. Menggunakan minimal prosesor intel pentium IV 2.0Ghz.
b. RAM 1 G.
c. Harddisk untuk menyimpan data minimal 80Ghz.
d. Kabel jaringan.
e. Monitor, mouse, keyboard.
Implementasi Basis Data
Pembuatan basis data dilakukan dengan menggunakan SQL Server 2000 Berikut akan dijelaskan langkah-langkah dalam pembuatan basis data sistem informasi yang dibangun:
1. Pada jendela kiri halaman utama SQL Server 2000 pilih Database, kemudian klik kanan pada halaman kosong di jendela kanan dan pilih New Database. Maka akan muncul tampilan Database Propertis.
Halaman Utama SQL Server
2. Pada halaman database properties, tulis nama database yang akan dibuat. Kemudian klik ok.
Database Properties
3. Setelah Database berhasil dibuat, Database yang telah dibuat diklik dandipilih menu tabel sehingga muncul tampilan seperti di bawah ini.Kemudian klik kanan di jendela kanan dan pilih New Table
Tampilan Menu Tabel
4. Pada jendela New Table, diinput nama field-field, pilih Data Type serta tentukan length field tersebut. Setelah selesai, klik save pada toolbar.
Form New Table
5. Pada form Choose Name dimasukan nama tabel yang akan dibuat.Kemudian klik tombol Ok.
Form Choose Name
Adapun hasil dari dari implementasi basis data adalah sebagai berikut1) Tabel Obat
Tabel Obat
2) Tabel Tipe Obat
Tabel Tipe obat
3) Tabel Jenis Obat
Tabel jenis obat
4) Tabel Satuan Obat
Tabel Satuan obat
5) Tabel Supplier
Tabel supplier
6) Tabel Pemesanan
Tabel pemesanan
7) Tabel Penerimaan
Gambar 5.12 Tabel pembelian
8) Tabel Retur beli
Tabel Retur beli
9) Tabel Penjualan
Tabel penjualan
10) Tabel Retur Jual
Tabel Retur jual
Implementasi Antar MukaKegiatan ini bertujuan untuk menerangkan secara singkatpenggunaan program Pengembangan Sistem Informasi Persedaiaan Obatdi apotek. Cara penggunaanya adalah sebagai berikut :
1. implementasi Form Login
Perancangan tampilan login merupakan syarat untuk dapat memampaatkan secara keseluruhan, di mana yang menggunakan aplikasi ini adalah petugas yang di beri wewenang untuk memasukan data kedalam basisdata ataupun karyawan yang bertugas di masing-masing bagian. Pada menu login ini ada dua data yang harus di masukan , yaitu:
a. User name
User name merupakan pengguna yang sudah mendaftar dan diberikanwewenang untuk menggunakan aplikasi. Pada kotak teks, yang dimasukan adalah karakter.
b. Password
Password merupakan syarat mutlak untuk bisa masuk ke dalam sistem, yang harus di masukan dengan tepat, dimaksudkan agar orang yang tidak berhak tidak dapat masuk dan melakukan sesuatu pada sistem. Demi keamanan kemudian diberikan validasi menampilkan karakter yang diketikan dalam bentuk karakter bintang (*****).
Login User
2. Implementasi Form Data PenggunaImplementasi form data pengguna digunakan untuk menginput data pengguna dan menampilkan data pengguna sesuai dengan hak akses ada 3 macam, yaitu admin, apoteker , dan kasir, dapat dilihat pada gambar
berikut:
Form Data Pengguna
3. Implementasi Form Utama
Jendela menu utama akan muncul apabila user berhasil memasukan user name dan password dengan benar pada form login. Menu utama akan aktif sesuai dengan hak akses ada 3 macam, yaitu admin, apoteker , dan kasir.
Form Menu Utama
4. implementasi Form Data SupplierImplementasi form data supplier digunakan untuk menginput data supplier dan menampilkan data supplier dapat dilihat pada gambar berikut:
Form Data Supplier
5. Implementasi Form Data ObatImplementasi form data obat digunakan untuk menginput data obat dan menampilkan data obat dapat dilihat pada gambar berikut
Form Data Tipe Obat
6. Implementasi Form Data Tipe ObatImplementasi form data tipe obat digunakan untuk menginput data tipe obat dan menampilkan data tipe obat dapat dilihat pada gambar berikut:
Form Tipe Obat
7. Implementasi Form Data Jenis Obat
Implementasi form data jenis obat digunakan untuk menginput data jenis obat dan menampilkan data jenis obat dapat dilihat pada gambar berikut:
Form Jenis Obat
8. Implementasi Form Data Satuan ObatImplementasi form data satuan obat digunakan untuk menginput data satuan obat dan menampilkan data satuan obat dapat dilihat pada gambar berikut:
Form Satuan obat
9. Implementasi Form PemesananImplementasi form data pemesanan digunakan untuk menginput pemesanan dan menampilkan data pemesanan dapat dilihat pada gambar berikut:
Form Pemesanan
10. Implementasi Form penerimaanImplementasi form penerimaan digunakan untuk menginput data
penerimaan dan menampilkan data penerimaan dapat dilihat pada gambar berikut:
Form Penerimaan
11. Implementasi Form Retur BeliImplementasi form retur beli digunakan untuk menginput data retur beli dan menampilkan data retur beli dapat dilihat pada gambar berikut:
Form Retur beli
12. Implementasi Form pembelian Jatuh TempoImplementasi form pembelian jatuh tempo digunakan untuk menginput data pembelian jatuh tempo dan menampilkan data pembelian jatuh tempo dapat dilihat pada gambar berikut:
Form pembalian Jatuh Tempo
13. Implementasi Form PenjualanImplementasi form penjualan digunakan untuk menginput data penjualan
dan menampilkan data penjualan dapat dilihat pada gambar berikut:
Form penjualan
14. Implementasi Form Retur Jual
Implementasi form retur jual digunakan untuk menginput data retur jual dan menampilkan data retur jual dapat dilihat pada gambar berikut:
Form Retur Jual
15. Cetak Laporan Data Pemesanan
Berikut ini merupakan tampilan cetak laporan data pemesanan :
Form Cetak Laporan pemesanan
Berikut ini merupakan tampilan cetak laporan data pemesanan menurutperiode tanggal .
Cetak Laporan pemesanan
16.Cetak Laporan Data PenerimaanBerikut ini merupakan tampilan cetak laporan data penerimaan :
Form Cetak Laporan Penerimaan
Berikut ini merupakan tampilan cetak laporan data penerimaan menurutperiode tanggal .
Cetak laporan penerimaan
17. Cetak Laporan Data Retur BeliBerikut ini merupakan tampilan cetak laporan data retur beli:
Form cetak laporan retur beli
Berikut ini merupakan tampilan cetak laporan data retur beli menurut periode tanggal .
Cetak Laporan retur beli
18. Cetak Laporan Data kartu stokBerikut ini merupakan tampilan cetak laporan data kartu stok :
Form cetak laporan data kartu stok
Berikut ini merupakan tampilan cetak laporan data stok menurut periode tanggal .
laporan kartu stok
19. Cetak Laporan Data PenjualanBerikut ini merupakan tampilan cetak laporan data penjualan :
Form cetak penjualan
Berikut ini merupakan tampilan cetak laporan data penjualan menurut periode tanggal .
Cetak laporan penjuala
20. Cetak Laporan Data Retur JualBerikut ini merupakan tampilan cetak laporan data retur jual :
Form cetak retur jual
Berikut ini merupakan tampilan cetak laporan data retur jual menurut periode tanggal .
Cetak laporan retur jual
KESIMPULAN
Pengembangan Sistem Informasi Persediaan Obat dapat memberikan solusi terhadap masalah yang di hadapi Apotekdengan membangun sebuah aplikasi yang dapat mempermudah menginputkan retur
obat , pengecekan jumlah pesan, pengecekan keadaan obat pada saat pengiriman dalam pengecekan stok obat, menginformasikan waktu pembayaran pembelian yang dilakukan secara tunai atau kredit,
meminimalisir kesalahan akibat adanya proses penyesuaian antara laporan yang sudah terkomputerisasi dan rekapitulasi. Dengan mengrintegrasikan pemesanan, pembelian, penjualan, retur dan waktu pembayaran secara kredit. sehingga mempermudah dalam pengolahan data, mempercepat
DAFTAR PUSTAKA
Kusumadewi, Sri. ( 2011 ). Peran Teknologi Informasi dan komunikasi di bidang Obat dan Pengobatan dalam Mendukung Perlindungan Pasien. Yogyakarta : Graha Ilmu
IJIN COPAS
BalasHapusTRIMAKASIH ATAS POSTINGANYA
SANGAT MEMBANTU TUGAS SKPL SAYA
SALAM SUCCES
terima kasih banyak gan,,
BalasHapusijin copas,,,
arigatoo
thanks gan .....
BalasHapusthanks ya infonya !!!
BalasHapuswww.bisnistiket.co.id
Ijin copas yach Gan.........
BalasHapusinfo tersebut sangat membantu kami.
Thanks
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusIzin CoPass sis.... :) thx
BalasHapusThanks gank infonya .. Sekalian mau ijin Share gan :)
BalasHapusBagi Anda mahasiswa Teknik Informatika yang membutuhkan Source Code Contoh Program Apotek ataupun yang lainnya, Anda dapat membelinya di www.SkripVb.com dengan harga yang sangat terjangkau, programnya lengkap dengan database dan contoh datanya sehingga Anda tinggal menggunakannya saja dan diterapkan pada makalah yang sedang Anda tulis. Source Code programnya juga dapat Anda modifikasi lagi dan Anda dapat mengembangkannya lagi sesuai dengan makalah yang sedang Anda tulis.
Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi www.SkripVb.com
Apa yang Anda cari kami adalah solusinya.
makasih gan infonya. sangat membantu sekali
BalasHapusMakasi banyak gan, sangat membantu sekali :D
BalasHapustugas RPL jadi lebih mudah :D
makasi banyak ya gan, semoga sukses :D
gan ada gambar yg jelas nya
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusgan mau naya form tipe data nya ada 2
BalasHapusteh bagi database access dan project vb nya donk ke email rusdianafajarw@gmail.com ya pliss,, ada tugas nih aku ga ngerti bikin nya mana deadline :(
BalasHapusijin copas ya..
BalasHapusizin copas ya, terima kasih
BalasHapuswow keren bgt mau pelajari tapi klu dicopas ngga jelas bu...keren keren minta file nya bu bisa kah?pls
BalasHapusHalo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
BalasHapusBeberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.
Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.
Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman
Halo,
BalasHapusApakah Anda secara finansial turun? mendapatkan pinjaman sekarang dan bisnis Anda menghidupkan kembali, Kami adalah pemberi pinjaman dapat diandalkan dan kami memulai program pinjaman ini untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan kesempatan bagi yang kurang istimewa untuk memungkinkan mereka membangun sendiri dan menghidupkan kembali bisnis mereka. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami melalui email: (gloryloanfirm@gmail.com). mengisi formulir Informasi Debitur berikut:
Nama lengkap: _______________
Negara: __________________
Sex: ______________________
Umur: ______________________
Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
Durasi Pinjaman: ____________
Tujuan pinjaman: _____________
Nomor ponsel: ________
silahkan mengajukan permohonan perusahaan yang sah.
Saya adalah Widya Okta dari SURABAYA, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
BalasHapusApakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.
Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.
Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya
Kabar baik Allah yang Maha Kuasa telah begitu setia kepada saya dan seluruh keluarga saya untuk menggunakan perusahaan pinjaman ibu Emily untuk mengubah situasi keuangan hidup saya untuk kehidupan yang lebih baik dan lebih stabil sehingga sekarang saya memiliki bisnis sendiri di kotaNama saya Nur Khomariyah dari kota Sidoarjo, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu. Emily karena membantu saya dengan pinjaman yang baik setelah saya menderita di tangan pemberi pinjaman palsu yang menipu saya karena uang saya tanpa menawarkan saya pinjaman, saya memerlukan pinjaman selama 2 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Sidoarjo tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di India yang telah menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman kepada saya dan saya sangat frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di India, karena saya berutang kepada bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya orang untuk dituju, sampai suatu hari teman setia saya menelepon Slamet Raharjo setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu perusahaan pinjaman Emily, jadi saya harus menghubungi Slamet Raharjo dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu emily bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus memanggil keberanian dan saya menghubungi ibu emily perusahaan dan secara mengejutkan, pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 2 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang ibu pekerjaan yang baik Emilyjadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu perusahaan pinjaman Emily melalui email: emilygregloancompany@gmail.com. atau whatsapp +1 (669) 4002627 dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mother Emily melalui saya email: nurkhomariyah1989@gmail.com dan Anda masih dapat menghubungi teman saya Nur Syarah yang memperkenalkan saya kepada Ms. Margaret melalui email: slametraharjo211989@gmail.comsemoga Tuhan terus memberkati dan mendukung ibu Emily yang telah mengubah kehidupan finansial saya.
BalasHapusKabar baik Allah yang Maha Kuasa telah begitu setia kepada saya dan seluruh keluarga saya untuk menggunakan perusahaan pinjaman ibu Emily untuk mengubah situasi keuangan hidup saya untuk kehidupan yang lebih baik dan lebih stabil sehingga sekarang saya memiliki bisnis sendiri di kotaNama saya Nur Khomariyah dari kota Sidoarjo, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu. Emily karena membantu saya dengan pinjaman yang baik setelah saya menderita di tangan pemberi pinjaman palsu yang menipu saya karena uang saya tanpa menawarkan saya pinjaman, saya memerlukan pinjaman selama 2 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Sidoarjo tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di India yang telah menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman kepada saya dan saya sangat frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di India, karena saya berutang kepada bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya orang untuk dituju, sampai suatu hari teman setia saya menelepon Slamet Raharjo setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu perusahaan pinjaman Emily, jadi saya harus menghubungi Slamet Raharjo dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu emily bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus memanggil keberanian dan saya menghubungi ibu emily perusahaan dan secara mengejutkan, pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 2 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang ibu pekerjaan yang baik Emilyjadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu perusahaan pinjaman Emily melalui email: emilygregloancompany@gmail.com. atau whatsapp +1 (669) 4002627 dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mother Emily melalui saya email: nurkhomariyah1989@gmail.com dan Anda masih dapat menghubungi teman saya Nur Syarah yang memperkenalkan saya kepada Ms. Margaret melalui email: slametraharjo211989@gmail.comsemoga Tuhan terus memberkati dan mendukung ibu Emily yang telah mengubah kehidupan finansial saya.
BalasHapusKabar baik Allah yang Maha Kuasa telah begitu setia kepada saya dan seluruh keluarga saya untuk menggunakan perusahaan pinjaman ibu Emily untuk mengubah situasi keuangan hidup saya untuk kehidupan yang lebih baik dan lebih stabil sehingga sekarang saya memiliki bisnis sendiri di kotaNama saya Nur Khomariyah dari kota Sidoarjo, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu. Emily karena membantu saya dengan pinjaman yang baik setelah saya menderita di tangan pemberi pinjaman palsu yang menipu saya karena uang saya tanpa menawarkan saya pinjaman, saya memerlukan pinjaman selama 2 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Sidoarjo tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di India yang telah menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman kepada saya dan saya sangat frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di India, karena saya berutang kepada bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya orang untuk dituju, sampai suatu hari teman setia saya menelepon Slamet Raharjo setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu perusahaan pinjaman Emily, jadi saya harus menghubungi Slamet Raharjo dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu emily bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus memanggil keberanian dan saya menghubungi ibu emily perusahaan dan secara mengejutkan, pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 2 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang ibu pekerjaan yang baik Emilyjadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu perusahaan pinjaman Emily melalui email: emilygregloancompany@gmail.com. atau whatsapp +447860370916 dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mother Emily melalui saya email: nurkhomariyah1989@gmail.com dan Anda masih dapat menghubungi teman saya Nur Syarah yang memperkenalkan saya kepada Ms. Margaret melalui email: slametraharjo211989@gmail.comsemoga Tuhan terus memberkati dan mendukung ibu Emily yang telah mengubah kehidupan finansial saya.
BalasHapusKAMI JUAL OBAT ABORSI CYTOTEC ASLI PENGGUGUR KANDUNGAN TELAT BULAN SANGAT MANJUR. USIA 1-6 BULAN DI JAMIN BISA DI ATASI & 100% TUNTAS
BalasHapusCHAT WA : 081228866411
INFO LENGKAP : www.khususwanita.com